Selasa, 19 Oktober 2010

2015, Indonesia Produsen Kakao Terbesar Dunia

Jember VOI News -Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian terus melakukan inovasI guna meningkatkan produksi kakao nasional. Peningkatan produksi bahan baku utama coklat tersebut memegang perananan penting agar Indonesia tampil sebagai jawara produsen kakao dunia.Saat ini, Indonesia merupakan negara produsen kakao terbesar kedua di dunia setelah Pantai Gading.
Dengan luas areal tanam 1.563.423 hektare dan produksi 795.581 ton, Indonesia berada di bawah Pantai Gading yang memiliki produktivitas mencapai 1,5 ton per hektare.
Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Teguh Wahyudi, mengatakan sejak 2008 pemerintah mengembangkan sebuah teknologi baru bernama Somatic Embriogenesis. Teknologi itu memungkinkan kegiatan pemuliaan (benih) dilakukan secara massal dari satu tanaman induk.'Jadi berbeda dengan teknologi okulasi dan setek konvensional yang hanya bisa buat satu benih dari satu tanaman induk,'' ujar Teguh pada acara diskusi bertema 'Teknologi Somatic Embriogenesis dan Fermentasi Biji Kakao dalam Upaya Meningkatkan Produksi dan Kualitas Hasil Kakao', di Jember, Jawa Timur, Selasa (13/4).
Menurut Teguh, selain mampu diproduksi secara massal, benih kakao hasil Somatic Embriogenesis juga terbukti mempunyai produktivitas sangat tinggi. Hasil uji coba di lapangan, benih kakao Somatic Embriogenesis mampu menghasilkan produksi lebih dari 2 ton per hektare. ''Potensi kemampuannya bahkan mencapai 4 ton per hektare,'' jelasnya.
Dengan produktivitas seperti itu, dia melanjutkan, Teguh optimistis Indonesia bisa menjadi produsen kakao terbesar dunia pada tahun 2015 mendatang. Perhitungannya, bila satu hektare lahan kakao mampu menghasilkan produksi rerata 1 ton, maka produksi kakao Indonesia bisa mencapai 1,2 juta ton sampai 1,5 juta ton per tahunnya. ''Dengan produktivitas sebesar ini, Indonesia pasti jadi nomor satu karena Pantai Gading saat ini mengalami degradasi produktivitas di bawah 1 ton per hektare.Rep/sugi/pri/ LPP RRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar