Selasa, 15 November 2011

“Laskar Pelangi” Membuka Festival Film ASEAN I di Selandia Baru


Minggu, 13 Nopember 2011
Dubes RI A Agus Sriyono pada Resepsi Pembukaan ASEAN Film Festival di Museum Nasional Te Papa, Selandia Baru

Sekitar 200 orang memadati ruang teater Museum Nasional Te Papa - Wellington untuk menyaksikan film “Laskar Pelangi” (“The Rainbow Troops”) yang menjadi pembuka Festival Film ASEAN pertama di Selandia Baru yang berlangsung pada 12 dan 13 November 2011.

Sinema yang bertolak dari novel karya Andrea Hirata dan disutradarai oleh Riri Riza serta diproduseri oleh Mira Lesmana dari Miles Production ini memperoleh apresiasi yang sangat baik dari penonton sebagai film yang menyentuh, inspiratif, sekaligus menghibur. Tidak sedikit penonton yang keluar dengan mata berkaca namun disertai dengan senyum.

ASEAN Film Festival diprakarsai KBRI Wellington yang saat ini mengetuai ASEAN Committee in Wellington dan merupakan buah kerja sama dengan Kedutaan Besar Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand dan Viet Nam serta Museum Nasional Te Papa.

Selain “Laskar Pelangi”, festival film juga memutar film-film dari Malaysia, Viet Nam dan Filipina.

Dalam sambutan singkatnya, Dubes RI A Agus Sriyono selaku Ketua ASEAN Committee in Wellington, menyampaikan bahwa film merupakan medium yang ideal untuk menjalin kontak sosial-budaya antar bangsa. Melalui sinema, lanjutnya, penonton dapat menghibur diri sekaligus belajar mengenai budaya masyarakat lain.

Rencana kegiatan selanjutnya dalam periode keketuaan Indonesia di ASEAN Committee in Wellington adalah penyelenggaraan seminar tentang ASEAN yang menghadirkan pembicara dari 6 negara anggota ASEAN yang memiliki perwakilan di Wellington pada bulan Desember mendatang.

Sumber : Kemlu.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar